Manfaat Top Level Domain


TLD yaitu bagian akhir dari sebuah domain website. Mungkin, Anda mengenalnya sebagai ekstensi domain.

Sebagai pengingat, domain adalah alamat untuk mengantarkan visitor ke website tertentu. Contohnya, dhenbhocil.my.id adalah domain, sedangkan .MY.ID adalah TLD-nya.

Tidak bisa diremehkan, top level domain yang digunakan untuk keperluan bisnis membawa banyak manfaat, berikut adalah beberapa manfaat top level domain: 

Memudahkan Calon Pelanggan Mengenali Situs Anda

Seperti yang Anda tahu, top level domain itu seperti seragam. Seragam ini memudahkan orang lain mengidentifikasi siapa pemakainya. Alasannya, penggunaan setiap domain sudah ada aturannya sendiri.

Misalnya, Anda bisa dengan mudah mengenali dhenbhocil.my.id sebagai situs perusahaan yang berasal dari Indonesia. Beda dengan wikipedia.org yang merupakan organisasi non-profit.

Menjaring Lebih Banyak Traffic Potensial

Top level domain mampu mendongkrak performa SEO Anda. Yang artinya, situs lebih mudah ditemukan oleh traffic potensial. Sebab, Google lebih mudah mengidentifikasi topik website Anda untuk diantarkan ke audiens yang tepat.

Selain itu, rupanya top level domain membantu Anda melakukan retargeting berdasarkan geografis. Contoh, website dengan domain .ID lebih berpeluang muncul jika pencarinya berlokasi di Indonesia.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Perlu Anda tahu, beberapa nama domain punya kesan kurang baik bagi Google. Contoh top level domain itu adalah .zip, .country. dll. Menurut pengalaman, TLD tersebut seringkali mengindikasikan website spam dan bisnis yang tidak sah.

Jadi boleh dibilang, TLD sangat mampu untuk meningkatkan kredibilitas suatu website. Tak heran, setiap TLD punya persyaratan penggunaan domain sehingga tak sembarang orang bisa memakainya.

Demikianlah penjelasan Manfaat Top Level Domain, baik pengertian secara umum maupun kaitannya dengan bidang Seo, Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar