Phising | Phising Adalah

Kali ini Mimin akan membahas tentang phising,jenis-jenis phising dan bahaya Phising

Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Istilah resmi phising adalah phishing, yang berasal dari kata fishing yaitu memancing.

Kegiatan phising memang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan.

Berikut Adalah Beberapa Contoh Jenis - Jenis Phising

Email Phising

Email phising menggunakan media email untuk menjangkau calon korbannya.

Spear Phising

Spear phising adalah jenis dari email phising. Bedanya, alih-alih menggunakan pengiriman email secara masif dengan calon korban yang acak, spear phising menarget calon korban tertentu

Whaling

Whaling adalah langkah phising yang tidak hanya menarget individu secara spesifik, tapi juga individu yang memiliki kewenangan tinggi di suatu organisasi, misalnya pemilik bisnis, direktur perusahaan, manajer personalia, dan lainnya.

Web Phising

Web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama domain yang mirip. Hal ini disebut domain spoofing.

Bahaya Phising

Penipuan dan penyerangan phising menjadi salah satu ancaman paling berbahaya bagi akun dan data online Anda. Ini dikarena jenis eksploitasi ini tersembunyi dan menggunakan elemen manipulasi psikologis untuk membuat korban mungkin jatuh ke dalam penipuan.

Oleh karena itu, Anda harus ekstra hati-hati terhadap segala sesuatu yang mencurigakan dari jarak jauh dalam pesan yang Anda terima salah satu pencegahannya adalah dengan memanfaatkan praktik keamanan yang telah kita diskusikan di atas dengan baik, termasuk otentikasi dua faktor. Tetapi jika Anda masih menerima pesan email yang mencurigakan, mungkin Anda bisa melakukan block atau menghubungi perusahaan yang dicatut untuk dapat memverifikasi email tersebut sah atau tidaknya.

Posting Komentar

0 Komentar