Ransomware | Ransomware Adalah

Ransomware adalah jenis malware dari cryptovirology yang mengancam untuk mempublikasikan data pribadi korban atau terus-menerus memblokir akses ke sana kecuali uang tebusan dibayarkan.

Sementara beberapa ransomware sederhana dapat mengunci sistem sehingga tidak sulit bagi orang yang berpengetahuan untuk membalikkannya, malware yang lebih canggih menggunakan teknik yang disebut pemerasan cryptoviral. Ini mengenkripsi file korban, membuat mereka tidak dapat diakses, dan menuntut pembayaran tebusan untuk mendekripsi mereka. 

Dalam serangan pemerasan kriptoviral yang diterapkan dengan benar, memulihkan file tanpa kunci dekripsi adalah hal yang sulit .masalah – dan sulit untuk melacak mata uang digital seperti paysafecard atau Bitcoin dan cryptocurrency lainnya yang digunakan untuk uang tebusan, membuat pelacakan dan penuntutan para pelaku menjadi sulit.

Serangan Ransomware biasanya dilakukan dengan menggunakan Trojan yang disamarkan sebagai file sah yang ditipu oleh pengguna untuk mengunduh atau membukanya saat file tersebut tiba sebagai lampiran email. Namun, satu contoh profil tinggi, worm WannaCry , berjalan secara otomatis antar komputer tanpa interaksi pengguna.

Dimulai sejak tahun 1989 dengan ransomware pertama yang didokumentasikan yang dikenal sebagai trojan AIDS , penggunaan penipuan ransomware telah berkembang secara internasional. Ada 181,5 juta serangan ransomware dalam enam bulan pertama tahun 2018. Rekor ini menandai peningkatan 229% dibandingkan jangka waktu yang sama di tahun 2017. Pada Juni 2014, vendor McAfee merilis data yang menunjukkan bahwa ia telah mengumpulkan lebih dari dua kali lipat jumlah sampel ransomware pada kuartal itu dibandingkan pada kuartal yang sama tahun sebelumnya. 

CryptoLocker sangat sukses, memperoleh sekitar US$3 juta sebelum diturunkan oleh pihak berwenang,dan CryptoWall diperkirakan oleh Biro Investigasi Federal AS (FBI) telah menghasilkan lebih dari US$18 juta pada Juni 2015. Pada tahun 2020, IC3 menerima 2.474 keluhan yang diidentifikasi sebagai ransomware dengan kerugian yang disesuaikan lebih dari $29,1 juta. Kerugiannya bisa lebih dari itu menurut FBI.

Posting Komentar

0 Komentar