Backlink | Pengertian Backlink

Apa Itu Backlink?

Mudahnya, backlink merupakan sebuah link atau tautan yang mengarah ke blog atau website kamu. Lalu dari mana backlink tersebut berasal?

Nah, backlink ini berasal dari blog atau website milik orang lain, yang dimana di sana sudah dipasang tautan dan nantinya mengarah ke situs kamu.

Sehingga jika seseorang sedang berkunjung ke website orang lain dan menemukan website kamu. Mereka akan mengklik dan menuju situsmu.

Kegiatan memasang backlink ini biasa disebut dengan link building. Sedangkan untuk pelakunya sendiri pemberi backlink adalah orang yang memberi rujukan link ke website kamu, dan penerima backlink adalah kamu sendiri yaitu yang mendapatkan link rujukan dari web lain.

Manfaat Backlink Untuk Website

Setelah mengetahui pengertian dan bagaimana sistem kerjanya. Selanjutnya kita akan membahas manfaat dari backlink tersebut, diantaranya berikut ini.

  1. Meningkatkan Posisi Website di Google
  2. Mendatangkan Trafik yang Tinggi
  3. Meningkatkan Reputasi Website
  4. Meningkatkan Kredibilitas Website
  5. Meningkatkan Performa Website

Kriteria backlink yang berkualitas yaitu memberikan dofollow link, kualitas konten bagus dan seniche, website target memiliki pengunjung organik dari google, memiliki metrik domain berkualitas tinggi.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Backlink?

  1. Siapkan kata kunci minimal variasi 3 kata untuk dijadikan anchor text.
  2. Siapkan 1 URL target yang akan dioptimasi backlink, dan jangan pernah ubah URL tersebut bagaimanapun keadaannya. Karena kamu tidak bisa mengubah sendiri backlink nya.
  3. Pastikan terdapat laporan dari web backlink, untuk dimonitor indeks, anchor text dan keberadaannya.
  4. Lakukan disavow backlink yang broken, atau webnya hilang dengan cara scrapp backlink kamu di Ahrefs.

Apabila terdapat penjelasan yang masih belum jelas, bisa kamu langsung tuliskan di kolom komentar

Posting Komentar

0 Komentar